Sabtu, 14 Januari 2012

Perilaku Konsumen ( tugas power point )

PERILAKU KONSUMEN

TEORI PERILAKU KONSUMEN
 Dalam melakukan kegiatan konsumsinya, perilaku konsumen dituntun oleh tujuannya untuk memperoleh kepuasan

Teori Kardinal ( Cardinal Theory)
Teori Kardinal menyatakan bahwa kegunaan dapat dihitung secara nominal,sebagaimana kita menghitung berat dengan gram atau kilogram,panjang dengan centimeter atau meter.

Teori Ordinal ( Ordinal Theory )
 Menurut Teori Ordinal, kegunaan tidak dapat dihitung tetapi hanya dapat dibandingkan, sebagaimana kita menilai kecantikan atau kepandaian seseorang.

Dua pendekatan perilaku konsumen yang dinyatakan dalam hukum permintaan
 Pendekatan marginal utility (setiap kepuasan konsumen bisa diukur dengan uang atau satuan lain, bersifat “cardinal”)
 Pendekatan Indifference curve (tingkat kepuasan konsumen bisa dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah tapi tidak bisa diukur, bersifat “ordinal”)

Pendekatan Indifference Curve
Indifference curve : kurva yang menunjukkan konsumsi (pembelian) barang yang menghasilkan tingkat kepuasan yang samaKarakteristik indifference curve :
 turun dari kiri atas ke kanan bawah
 cembung kearah titik origin
 tidak saling memotong
 yang terletak sebelah kanan atas menunjukkan tingkat kepuasan lebih tinggi

Asumsi seorang konsumen:
1. Konsumen harus rasional yaitu menginginkan kepuasan maksimal.
2. Konsumen punya preferensi jelas akan barang dan jasa
3. Terdapat kendala anggaran